Jumat, 31 Oktober 2008

Angel hair



Angel hair (rambut bidadari) merupakan benda alam yang masih misterius hingga kini. Bentuknya berupa serat berwarna putih, tidak berdiri sendiri (seperti benang) melainkan selalu berbentuk potongan (seperti snack gula kapas). Potongan ini ukurannya bermacam-macam, ada yang panjangnya cuma 13 cm, tapi ada juga yang mencapai 17 m (bukan salah ketik, memang maksudnya meter!).

September 1741, Hampshire (Inggris). Pada suatu pagi yang amat cerah para penduduk dibuat heran oleh turunnya ‘hujan sarang laba-laba’. Benda mirip sarang laba-laba ini berwarna putih dan berkilauan tertimpa sinar matahari, ukurannya sekitar 2,5 x 15 cm. Hujan angel hair tersebut berlangsung cukup lama sehingga banyak sekali angel hair di mana-mana, baik di tanah maupun pepohonan.

1914, Australia Selatan. Pada musim dingin angel hair berjatuhan di daerah ini, panjangnya antara 13-15 cm. Setelah jatuh ke tanah, angel hair ini dengan cepat mencair lalu menguap. Tiga minggu kemudian hujan angel hair kembali turun di daerah tersebut selama 1 jam.

1950, Philadelphia (Amerika). Dua polisi yang sedang berpatroli menyaksikan angel hair sepanjang 1,8 m berjatuhan. Sewaktu menyentuh tanah, angel hair tersebut berwarna ungu dan berkilauan seperti kristal. Ketika dipegang oleh salah satu polisi, angel hair ini mencair menjadi benda yang ringan, lengket dan tak berbau. Sekitar 25 menit kemudian semua angel hair menguap dan hilang.

1952, Oloron-Sainte-Marie (Perancis). Seorang kepala sekolah melaporkan bahwa dia melihat benda yang bentuknya kental berjatuhan, lalu dengan cepat menguap.

Masih banyak peristiwa turunnya angel hair ke bumi yang berhasil didokumentasi. Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang mengatakan angel hair ini berbentuk potongan serat persegi panjang, ada pula yang melaporkan bentuknya seperti bola kapas. Yang menarik, beberapa peristiwa angel hair dibarengi dengan peristiwa penampakan UFO.

Phyllis Budinger, seorang ilmuwati dari Ohio meneliti angel hair yang dikumpulkan dari berbagai kota di Amerika. Dia menggunakan mikroskop terbaik untuk meneliti sample angel hair, dan menemukan bahwa angel hair terdiri dari sekelompok serat dan bukan serat yang sendiri-sendiri. Tiap serat ukurannya lebih kecil dari sarang laba-laba, dan dalam serat angel hair tidak terdapat droplet yang menjadi ciri khas sarang laba-laba. Belum diketahui pasti apakah angel hair memang berkaitan dengan laba-laba. Yang jelas angel hair berasal dari makhluk hidup, karena strukturnya terdiri dari polymer yang berisi protein-amide. (Polymer = sekumpulan molekul yang lebih kecil, amide = bahan berbasis ammonia).

Tidak ada komentar: